Jurus-jurus Bisnis dari Amerika

Judul: Solusi Bisnis dari Seberang
Penulis: Dr. Beni Bevly dan Jennie S Bev, DBA
Penerbit: Afton Asia, Jakarta
Genre: Bisnis
Jumlah Halaman: 194
Dimensi: 15,24 x 22,86 cm
ISBN: 978-602-97885-01
Edisi: I, Januari 2011
Harga: Rp. 58.500,-

Pernahkah Anda mendengar suatu department store menerima pengembalian roda mobil dari seorang pelanggan dan memberikan uang kepadanya walaupun jelas mereka tidak menjual roda mobil? Pernahkah Anda mendengar bahwa suatu toko menerima pengembalian sepatu yang rusak karena sudah dipakai tahunan dari pelanggannya dan memberikan uang kepadanya?

Di Indonesia, hal itu mustahil. Tetapi ini benar-benar terjadi di Nordstrom Inc. Department Store, Amerika. Kedua kasus di atas merupakan bagian dari ribuan kejadian di Nordstrom. Anda dapat memperoleh penjelasan tuntas perihal strategi layanan konsumen ini dalam artikel berjudul Customer Service Kelas Dunia di dalam buku ini.

Solusi Bisnis dari Seberang ditulis dua doktor business administration dari Amerika, yang berasal dari Indonesia. Keduanya merupakan praktisi, profesional dan pakar bisnis yang bermukim di Silicon Valley, USA.

Buku ini memuat 38 artikel yang dibagi dalam empat bagian. Artikel-artikel pada bagian pertama mendiskusikan berbagai business tool, menentukan mindset, juga meletakkan fondasi pengertian perihal resesi di Amerika yang pada akhirnya memengaruhi pola pengeluaran konsumen.

Bagian kedua, penulis menekankan integritas dalam berbisnis. Kecanggihan business plan berdasarkan business tool yang canggih ternyata bukan jaminan seratus persen terhadap kelanggengan bisnis. Bagian ini menggambarkan betapa pentingnya melatih dan menerapkan etika bisnis yang baik di kalangan internal karyawan, memperlakukan karyawan, pelanggan maupun pihak lain secara fair.

Bagian ketiga menyuguhkan solusi-solusi bisnis di era post-modern. Mereka melihat bahwa globalisasi yang dipicu oleh kemajuan telekomunikasi, mahalnya sumber daya, kondisi global warming menciptakan peluang besar untuk terjun pada bisnis yang bersifat post-modern.

Pada bagian terakhir, mereka menitikberatkan pada layanan konsumen kelas dunia. Bagian ini memberi pandangan bahwa setiap tahapan proses berbisnis, dari mulai perencanaan, penyediaan bahan baku, perekrutan dan pelatihan karyawan, produksi, perlakuan akuntansi, pemilihan lokasi bisnis dan sebagainya harus berfokus pada kebutuhan pelanggan.

Dengan ketajaman gabungan antara pengetahuan akademis dan profesionalisme berbisnis di Amerika Serikat, kedua penulis ini menghadirkan solusi dan model bisnis yang kehandalannya telah teruji di tengah krisis ekonomi Amerika untuk diperkenalkan dan diterapkan di Indonesia.

Disajikan dengan bahasa yang populer, membuat buku ini mudah untuk dipahami dan diterapkan. Selain untuk para pebisnis dan calon pebisnis, buku ini bagus juga untuk dibaca oleh para eksekutif, dosen, dan penikmat masalah bisnis.

Yang agak disayangkan, buku ini tampaknya tidak lolos proofreading yang ketat. Beberapa ejaan masih terlihat keteteran. Namun demikian, hal itu tidak mengurangi keampuhan jurus-jurus bisnis memukau yang diusungnya. Selamat menikmati!

Slamat P. Sinambela, penerjemah dan penyunting lepas, tinggal di Semarang

sumber: http://analisisnews.com/analisis/resensi-buku/650-solusi-bisnis-dari-seberang

Advertisements
%d bloggers like this: