Menulis Resensi Buku

MERESENSI BUKU

Ulasan buku (a book review) merupakan gambaran sekaligus evaluasi terhadap suatu buku. Ia harus berfokus pada tujuan, kandungan, dan otoritas buku.

Pemindaian (Scanning) Halaman Awal Buku

Sebelum mulai membaca, perhatikan hal-hal berikut:

1. Judul–Apa yang tersirat dari judul?

2. Kata Pengantar—Memberikan informasi panting tentang tujuan pengarang menulis buku tersebut dan membantu Anda menakar keberhasilan karyanya itu.

3. lsi Buku—Memberi tahu Anda tentang organisasi buku tersebut dan akan membantu dalam menentukan gagasan  utama pengarang dan bagaimana alur pengembangannya—secara kronologis, berdasarkan topik, dan sebagainya.

Bacalah lsinya

Catat kesan-kesan Anda saat mambaca buku yang Anda ingin ulas, dan perhatikan bagian yang patut dikutip. Ingat-ingat pertanyaan berikut ini:

1 . Apa bidang kajian dan bagaimana buku itu bisa dlmasukkan ke dalam kelompok tersebut? (jika perlu, gunakan sumber luar agar Anda akrab dengan bidang kajian tersebut.)

2. Dari sudut pandang mana buku itu ditulis?

3. Bagaimana gaya penulisan si pengarang? Formal atau informal? Sesuaikah dengan target pembaca? Jika ini karya fiksi, teknik menulis apa yang dipakai penulis?

4. Apakah konsepnya didefinisikan dengan jelas? Sebagus apa pengembangan gagasan penulis? Bidang apa yang tercakup/tidak tercakup di dalamnya? Kenapa? Hal ini membantu membangun otoritas buku tersebut.

5. Jika buku tersebut adalah karya fiksi, buat catatan mangenai unsur-unsur seperti penokohan, plot, seting, dan bagaimana keterkaitan semuanya dengan tema buku. Bagaimana cara pengarang menggambarkan tokoh-tokohnya? Bagaimana pengembangannya? Bagaimana struktur plotnya?

6. Seberapa akurat informasl dalam buku itu? Periksa sumber Iuar jika perlu.

7. Jika relevan, buat catatan mengenai format buku–tata letak, penjilidan, tipografi, dan lain-lain. Apakah ada peta, ilustrasi? Apakah gambar-gambar itu membantu pemahaman?

8. Periksa halaman-halaman belakang. Apakah indeksnya akurat? Sumber apa yang dipergunakan—primer atau sekunder? Bagaimana memanfaatkannya? Catat kelalaian penting.

9. Terakhir sejauh mana prestasi buku itu? Apakah diperlukan karya selanjutnya? Bandingkan buku itu dengan buku lain dengan pengarang yang sama atau berbeda. (Gunakan daftar pustaka.)

Rujuk kepada Sumber Tambahan

Berusahalah menemukan informasi Iebih jauh tentang si pengarang—reputasi, kualifikasi, pengaruhnya, dan lain-lain–informasi apa pun yang relevan dengan buku yang sedang diulas dan yang akan membantu membangun otoritas si pengarang. Pengetahuan tantang periode kesusasteraan dan teori kritis juga sangat berguna bagi ulasan Anda. Mintakan saran tentang sumber yang bisa dipergunakan kepada orang yang menguasai tema buku itu dan/atau pustakawan rujukan.

Persiapkan Kerangka Tulisan

Perhatikan dengan cermat catatan Anda dan berusahalah menyatukan kesan Anda menjadi sebuah pernyataan yang akan menggambarkan tujuan atau tesis ulasan Anda. Kemudian, buat kerangka argumen yang mendukung tesis Anda. Argumen Anda harus mengembangkan tesis itu dengan cara yang Iogis.

Buat Draf Tulisan Resensi

Amati kembali catatan Anda; kemudian, menggunakan kerangka tadl sebagai panduan dan merujuk kepada catatan jika perlu, mulallah menulls. Ulasan buku Anda harus meliputi:

1. lnformasi Awal—Kutipan bibliografis lengkap tentang buku tersebut. yaitu judul lengkap,  penulis, tempat terbit, penerbit,  tahun terbit, edisi, jumlah halaman, tambahan khusus (peta, gambar/halaman berwarna, dan sebagainya), harga, dan lSBN. Contoh:

Judul : Bahasa, Citra, Media

Penulis : Howard Davis dan Paul Walton (ed.)

Penerjemah : Ikramullah Mahyuddin

Penerbit : Jalasutra

Tahun : I, 2010

Tebal : 350 halaman

Harga : Rp87.000

2. Pembukaan–Berusahalah memikat perhatian pembaca dengan kalimat pembuka Anda. Pembukaan ini harus menyatakan tesis utama, dan menentukan nada ulasan Anda.

3. Pengembangan—Kembangkan tesis Anda dengan argumen pendukung sebagaimana tersusun pada kerangka tulisan Anda. Gunakan deskripsi, evaluasi, dan jika mungkin penjelasan tentang alasan pengarang menulis buku itu. Cantumkan kutipan untuk menggambarkan poin-poin penting atau sesuatu yang ganjll.

4. Kesimpulan—Apabila tesis Anda terkemukakan dengan baik. kesimpulan akan mengikuti dengan sendlrinya. Kesimpulan ini bisa berisikan pernyataan terakhir atau sekadar mengulang tesis Anda. Jangan mengedepankan hal baru di sini.

Perbaiki Draf Anda

1. Beri jeda yang cukup sebelum Anda memeriksa ulang ulasan Anda, untuk mendapatkan perspektif.

2. Dengan hati-hati baca naskah itu secara menyeluruh, periksa kejernihan dan pertalian (antarbagian),

3. Perbaiki tata bahasa dan ejaan.

4. Cek kutipan untuk ketepatan catatan kaki.

Sumber Rujukan

– Drewry John.Writing Book Reviews. Boston: The Writer. 1974. (REF PN98.B7D7 1974).

Literary Reviewing. Charlottesville: University Press of Virginia, 1987. (PN441.L487 1987 — buku-buku Stauffer Library)

– Meek, Gerry. How to Write a Book Review. UW Library Reference Service Aids 16. (Tt.: t.p., t.t.)

– Teitelbaum, Harry . How to Write Book Reports. New York: Monarch Press, 1975.

– Thomson, Ashley. “How  to Review a Book”. Canadian Library Journal (Desember 1991): 416-418.

— Walford, A.J., peny. Reviews and Reviewing:  A Guide. Phoenix. AZ: Oryx Press, 1986.

Sumber: http://libraryqueensu.ca/inforef/bookrev/write_review.htm

Advertisements
%d bloggers like this: